Mukjizat Yang (Mungkin) Terabaikan

Mukjizat Yang (Mungkin) Terabaikan

Sobat ….
Apakah kamu heran pada nabi Ibrohim yang tak terbakar oleh api yang berkobar?
Apakah kamu terpukau pada nabi Dawud yang mampu melunakkan besi dengan tangannya?
Apakah kamu takjub pada nabi Musa yang bisa membelah lautan?
Mereka semua adalah nabi-nabi pilihan Allah yang diberikan karomah atau mukjizat.

Sobat ….
Sebagai muslim, ternyata kita semua juga memiliki mukjizat. Bahkan ia adalah mukjizat terhebat yang pernah ada di jagad raya ini. Ia ada di dalam rak buku rumah kita masing-masing. Ia adalah al-Quran.
Namun apakah kita pernah menyadari jika ia adalah mukjizat?

Berikut ini adalah beberapa fakta menakjubkan tentang al-Quran yang semoga dengan mengetahuinya, kita bisa menumbuhkan keimanan dan rasa cinta padanya.

1. Al-Quran adalah kitab yang paling banyak dihapal oleh manusia di dunia ini. Ia satu-satunya kitab yang dihapal dengan sangat detail kata per kata, ayat per ayat hingga tanda bacanya. Nah, jika seluruh kitab atau buku yang ada di muka bumi ini terbakar atau lenyap, maka al-Quran akan menjadi satu-satunya buku yang bisa ditulis ulang secara lengkap dan persis sama dengan kitab sebelumnya. Amazing, kan?

2. Al-Quran adalah satu-satunya kitab yang paling banyak diterjemahkan ke bahasa lain. Artinya bahasa al-Quran adalah bahasa yang paling luas jangkauannya dan paling banyak digunakan di muka bumi ini. Luar biasa, kan?

3. Al-Quran adalah satu-satunya kitab warisan sejak 14 abad lalu yang tidak ada perubahannya sedikitpun. Ia terjaga dan tetap otentik seperti sedia kala. Ia berbeda dengan kitab-kitan suci lain yang tidak terjaga keasliannya dan muncul dalam banyak versi atau revisi. Hebat, kan?

4. Al-Quran adalah satu-satunya kitab yang diwariskan turun temurun dengan cara transfer hafalan secara lisan dari seorang guru ke muridnya. Jika rangkaian sanad guru-murid ini diibaratkan MLM, maka ia adalah MLM terbesar dan memiliki ‘kaki-kaki’ terpanjang yang pernah ada di jagad raya. Keren, kan???

5. Empat belas abad yang lalu, jauh sebelum manusia mengenal ilmu teknologi di bidang kedokteran, ternyata al-Quran telah menjelaskan secara detail dan runut proses penciptaan manusia di dalam perut seorang ibu. Mulai dari sperma, pembuahan, embrio, hingga menjadi janin. Dan barulah di jaman canggih sekarang ini hal itu terbukti kebenarannya secara ilmiah. Itulah keajaiban al-Quran!!!
Tengoklah surat al Mukminun ayat 12-14.

Sobat ….
Beberapa point di atas adalah bukti nyata jika al-Quran bukanlah buatan manusia, melainkan firman Tuhan, wahyu Ilahi, mukjizat dari Sang Maha Pencipta.

Dan kamu tau nggak sobat? Ternyata di luar sana banyak non-muslim yang setelah membaca al-Quran, mereka kaget, terkesiap dan terpesona akan kebenaran al-Quran, hingga akhirnya mereka memutuskan untuk memeluk agama Islam.

Salah satunya adalah Joel Underwood, mahasiswa di AS, yang kagum setelah membaca al-Quran yang dikiranya buku panduan wisata saat berniat ke Maroko. (*1)

Ada juga Ibrahim Killington, pemuda yang berniat untuk bergabung dengan tentara anti-Islam setelah termakan propaganda media sekuler tentang ‘kekejaman Islam’. Ia lalu meminjam al-Quran yang dikiranya buku pegangan teroris. Namun ia kaget setelah mengetahui isinya dan akhirnya memutuskan masuk Islam. (*2)

Dan satu lagi, James Frankel, seorang Profesor Yahudi dalam ilmu perbandingan agama yang mengajar di Universitas Hawaii, Manoa. Ia akhirnya memeluk Islam setelah membaca al-Quran pemberian temannya yang berasal dari Pakistan. (*3)

Sobat ….
Coba kita introspeksi diri kita masing-masing. Apakah kita juga merasa yakin atau paling tidak pernah merasa takjub akan keajaiban al-Quran sebagaimana para muallaf itu? Jangan sampai al-Quran kita tak pernah terbaca dan sedang teronggok berdebu di antara buku-buku usang yang terabaikan. Sementara novel-novel percintaan tersampul cantik, rapi dan selalu menyertai di manapun kita berada.

Semoga tulisan yang tidak berarti ini bisa menjadi pengingat diriku dan dirimu.

Cipayung, 20150818
~~~

وَمَنْ أَعْرَضَ عَن ذِكْرِي فَإِنَّ لَهُ مَعِيشَةً ضَنكًا وَنَحْشُرُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَعْمَىٰ() قَالَ رَبِّ لِمَ حَشَرْتَنِي أَعْمَىٰ وَقَدْ كُنتُ بَصِيرًا () قَالَ كَذَٰلِكَ أَتَتْكَ آيَاتُنَا فَنَسِيتَهَا ۖ وَكَذَٰلِكَ الْيَوْمَ تُنسَىٰ
Barang siapa berpaling dari peringatan-Ku, sesungguhnya baginya PENGHIDUPAN YANG SEMPIT, dan Kami akan mengumpulkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta. Berkatalah ia, “Ya Rabbku, mengapa Engkau mengumpulkanku dalam keadaan buta, padahal aku dahulu adalah seorang yang melihat?” Allah berfirman, “Demikianlah, telah datang kepadamu ayat-ayat Kami, kamu melupakannya, dan begitu (pula) pada hari ini kamu pun dilupakan.” (Thaha: 124—126)

(*1) http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/mualaf/13/04/23/mlol42-kagumi-alquran-joel-underwood-pun-memeluk-islam

(*2) http://www.eramuslim.com/dakwah-mancanegara/killington-bergabung-dalam-tentara-anti-islam-akhirnya-terpaut-oleh-al-quran.htm#.Vc7QzEZqNlg

(*3) https://youtu.be/4oY6nhPpXnU

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s